Sangat Disayangkan Petani Jual Lahan Baku

EMPAT LAWANG – Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang menemukan beberapa Hektar Lahan Baku yang di Jual oleh Petani. Padahal lahan sawah yang saat ini terbengkalai sudah didata oleh Pemerintah dan Masih akan di usulkan bantuan Irigasi.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang Hamdan didampingi Kasi Tanaman Pangan Holtikulture Yusron saat di Konfirmasi, Minggu (2/12)

“Lahan Baku di Kabupaten Empat Lawang saat ini berdasarkan yang kita data ada  14.091 Hektar dan sudah dilaporkan Ke Provinsi, itu termasuk data sawah yang terbengkalai, tapi kami juga menyayangkan di Kecamatan Sikap Dalam ada beberapa hektar lahan baku yang dijual oleh masyarakat,” kata Hamdan.

Sedangkan sasaran tanam Padi Jagung Kedelai Lanjut Hamdan, untuk Padi dan jagung sudah memenuhi target tanam. Karena sudah mendapat pengawalan dari Kementrian dan Provinsi

“Target Luas tanam padi 2018 yaitu 33.515 Hektar dan sudah terealisasi 34.566 dan Jagung sasaran 3000 Hektar dan Realisasi 3145 Hektar sedangkan kedelai itu belum ada ,tentu hal tersebut sudah melebihi target karena kegiatan upaya khusus peningkatan Pajale yaitu adanya pengawalan dari Kementrian Pertanian, dan Dinas Pertanian Provinsi guna membantu Dinas Pertanian Kabupaten dan Kecamatan,” ujarnya.

Dijelaskan Hamdan, untuk capaian Pajale perkecamatan, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) paling banyak untuk tanam padi, sedangkan jagung yaitu Kecamatan Muara Pinang

“Untuk capaian Tanam Padi, yaitu kecamatan Paiker 7.896 Hektar, Kecamatan Pendopo 4745 Hektar, Kecamatan Lintang Kanan 4701, Kecamatan Muara Pianang 3814, Kecamatan Ulu Musi sebanyak 2841 Hektar, Kecamatan Sikap Dalam 2810, Kecamatan Tebing Tinggi 3702, Kecamatan Talang Padang 1292 dan Kecamatan Saling 1314 Hektar,” jelasnya

Sedangkan sambung Hamdan, Realisasi Tanam Jagung yaitu di Kecamatan Muara Pinang 1758 Hektar, 408 Hektar di Kecamatan Lintang Kanan, Kecamatan Pendopo i335 Hektar.

“Kecamatan Ulu Musi iru ada 242 Hektar sedangkan Kecamatan Tebing Tinggi sudah 256 Hektar,” pungkasnya (Tri).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *