Hari Kedua Pelaksanaan Bimtek, Pemanfaatan Batang Kelapa

Empat Lawang – Hari kedua ikuti Diklat dan Bimtek pengolahan kelapa secara terpadu, 10 kecamatan yang ada di Empat Lawang langsung mempraktekkan dan mencoba pemanfaatan kelapa mulai dari akar sampai ke daunnya.

Praktek pemanfaatan akar hingga daun kelapa pun dilakukan setelah mendapat bimbingan dari para tenaga ahli yang datang dari Jogja.

Bimbingan ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar, karena warga dapat mengetahui apa saja pemanfaatan dari batang kelapa yang belum diketahui cara pemanfaatannya, dikatakan Harnisa salah satu peserta Diklat dari desa Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi, Selasa (18/12).

“Ya saya jadi tahu bahwa kelapa tidak hanya buahnya saja yang dapat di manfaatkan tetapi batang, daun dan juga akarnya dapat dimanfaatkan”ujarnya

Mulai dari batang dapat dijadikan sovenir, bahan bangunan, dan ternyata dapat juga diolah menjadi kecap, minyak, bahan bakar serta olahan kue.

“Hasil pelatihan ini akan saya ajarkan kepada masyarakat lainnya supaya mereka juga mengetahui apa saja manfaat dari batang kelapa sekaligus untuk memajukan SDM yang ada di Empat Lawang”ungkapnya (Ris)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *