Desa Babatan Terima DD Tertinggi

EMPAT LAWANG – Seperti biasa Desa Babatan, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang kembali tertinggi dalam penerimaan Dana Desa (DD) termasuk di penerimaan DD tahun 2019 ini.

Hal ini diungkapkan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang Agus Rocman Basuki melalui Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Agusman Mulyadi pada saat dibincangi wartawan.

“Tahun ini Desa Babatan Lintang Kanan kembali paling tinggi dalam penerimaan DD yaitu sebesar 1,5 Miliyar, tertinggi Kedua Desa Tanjung Ning Simpang Kecamatan Saling itu sebesar 1,4 Miliyar. Dan yang paling kecil itu Desa  padang Burnai Muara Piang, sebesar 745 Juta,” ungkap Agusman Mulyadi.

Dijelaskan Agus, untuk menentukan besar kecilnya penerimaan DD tersebut itu langsung dari Kementrian Desa dan Daerah tertinggal.

“Itu dilihat dari luas wilayah, jumlah penduduk dan persentase jumlah masyarakat miskin, dan indeks Desa membangun. Itulah kenapa tinggi dapat, jadi intinya yang menghitung DD itu bukan kita, langsung dari Kementrian perhitungannya itu, kita hanya menetapkan saja,” jelasnya.

Untuk Desa yang terkecil mendapatkan DD kebalikan dari penerima DD yang tertinggi, yaitu luas wilayahnya lebih kecil dan persentase masyarakat miskinnya lebih rendah.

“Yang jelas jumlah penduduknya secara globalnya lebih sedikit,” tungkasnya (Tri).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *