Tindaklanjuti Putusan Bawaslu RI,KPUD Empat Lawang Buka Kotak Suara Diempat Kecamatan

EMPAT LAWANG РPuluhan Aparat bersenjata lengkap dari Polres Empat Lawang, berjaga-jaga disekitaran Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang, Kamis (27/6).

Puluhan aparat tersebut, untuk menjaga jalannya rapat yang digelar KPU Empat Lawang, untuk pencocokan C1 Plano dengan DAA1 Plano dan DA1 untuk DPR RI, yang ada di Lima Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang.

Dan rapat proses pembukaan kotak suara untuk 4 kecamatan, yakni Tebing Tinggi, Pendopo Barat, Pendopo dan Muara Pinang. Dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, sementara untuk Kecamatan Lintang Kanan sudah berada di Palembang.

Dan rapat tersebut juga dihadiri langsung Komisioner KPU Sumsel Hendri Daya Putra dan Hendri Alma Wijaya, Komisioner KPU Empat Lawang, Bawaslu Empat Lawang, Kapolres Empat Lawang dan sejumlah Saksi Partai Politik.

Ketua KPU Empat Lawang Ali Amin melalui Komisioner Divisi Tekni Abu Yamin, mengatakan rapat ini untuk menindaklanjuti putusan Bawaslu RI, untuk melakukan pencocokan form C1 Plano, dengan DAA1 plano dan DA1. Dan pencocokan form tersebut diperkirakan akan berlangsung selama lima hari.

“Pertama kita buka kotak dulu untuk mengambil C1 plano. Sudah itu dilakuan pencocokan. Di lima kecamatan di seluruh TPS, jumlahnya 590 TPS,” kata Abu Yamin.

Abu Yamin menjelaskan, pencocokan tersebut adalah bahan yang dijadikan sebagai jawaban karena sudah masuk ranah MK. Dalam rangka menjelaskan fakta yang sebenarnya di Kabupaten Empat Lawang.

Prosesnya hanya mencocokan, dan nanti hasil pencocokan tersebut akan di sampaikan ke MK sebagai jawaban dan alat bukti yang diambil, maka di masukan kotakm

“Kotak itu nanti dikunci dan disegel dan dipegang pihak kepolisian, kembali kami tegaskan ini bukan merekap karena sudah dilaksanakan sesuai dengan tingkatan, mulai ditingkat TPS, Kabupaten, Provinsi dan Nasional,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Sumsel Divisi Perencanaan Data dan Informasi Hendri Alma Wijaya mengatakan bahwa, proses pembukaan kotak Kecamatan Lintang Kanan yang di Palembang, prosesnya sama dengan yang ada di Empat Lawang. Dan sebagian komisioner KPU Empat Lawang saat ini masih berada di Palembang untuk mengurus yang disana.

“Proses ini ditargetkan selesai 5 hari, setiap harinya dimulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB,” ungkapnya.(Red2)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *