Disdukcapil Rekam Akan Rekam e-KTP Bagi ODGJ dan Disabilitas

EMPAT LAWANG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang bakal melakukan rekam elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan disabilitas.

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Empat Lawang, Petterson Okki Bial melalui Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak), Harry Truman, kemarin.

“Kami berencana akan melakukan rekam e-KTP untuk ODGJ dan disabilitas. Surat edaran sudah masuk ke pak bupati. Begitu surat edaran keluar kita langsung jalan,” ujar Harry

Menurutnya, kepemilikkan e-KTP bagi ODGJ dan disabilitas itu cukup penting. Karena sudah sering kejadian ODGJ atau disabilitas sakit, namun Rumah Sakit tidak mau terima karena tidak memiliki Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP.

oleh dasar itu, kata Harri, pihaknya bersikeras untuk melaksanakan kegiatan ini. Sebab, disebagian besar daerah di Sumsel juga sudah melakukannya. “Tapi sasaran kita untuk ODGJ yang masih cukup sadar. Kalau yang dipasung tidak tidak rekam retina dan sidik jari. Cukup difoto saja. Bagi yang belum ada KK dibuat kan KK juga. Bagi yang sudah ada tinggal buatkan KTPnya,” katanya.

Surat edaran kemungkinan besar akan keluar dalam waktu dekat. Apabila sudah ada, maka pihaknya kata Harri, akan berkoordinasi Dinkes dan Dinsos untuk pendataan. Dan akan bekerja sama dengan Camat dan Kades saat melakukan perekaman jemput bola ke desa desa.

“Kalau untuk orang yang mengalami penyakit menauan perekaman sudah kita jalankan. Tinggal kita terapkan yang ODGJ dan disabilitas. Semoga cepat terealisasi,” tutupnya (Red 2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *