Tersangka Penangkapan Narkoba Di Gang Astra Kota Pagaralam Ajukan Praperadilan

PAGARALAM – Satu dari beberapa orang tersangka atas nama Febrian Efana (32), merasa keberatan atas penangkapan dirinya oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Pagaralam yang terjadi pada tanggal 14 Februari 2021 silam di daerah Gang Astra Kota Pagaralam.

Keberatan ini disampaikan oleh kuasa hukumnya Etal Pargas,SH,MH dihadapan beberapa awak media,Rabu kemarin (17/03/2021).

Menurut Etal Pargas penangkapan terhadap kliennya tidak memenuhi unsur, dimana saat terjadinya penangkapan dan penggeledahan kepada tersangka tidak ditemukannya barang bukti narkoba yang dimaksud.

” Keberatan atas penangkapan klien kami karna proseduralnya telah dilanggar dan penangkapan tersebut tidak berdasar,dimana saat penggeledahan berlangsung aparat tidak didampingi oleh pemerintah setempat seperti RT/RW juga tidak diperlihatkannya surat tugas penangkapan,untuk itu kami akan melakukan upaya Praperadilan atas penangkapan itu ” ungkap Etal Pargas,SH,MH.

Etal Pargas juga mengemukakan untuk Prosedur penangkapan telah dijelaskan dan diatur dalam Kitab Undang – Undang Hukum Acara Pidana pasal 18 ayat 1 yang menyatakan bahwa pelaksanaan tugas penangkapan dilakukan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan memperlihatkan surat tugas serta menunjukan dan memperlihatkannya kepada tersangka.

Menanggapi perihal akan adanya upaya Praperadilan oleh pihak tersangka,Polres Pagaralam melalui Sub Bagian Hukum Polres Pagaralam Bripka Ludi menjelaskan,pihaknya akan memberikan surat kuasa kepada pihak Pidkum Polda melalui surat Kabidkum Kapolres kepada Kapolda Sumsel untuk pendampingan di Praperadilan tersebut.

” Untuk Praperadilan dimaksud,nanti kita akan didampingi oleh pihak Polda dan bila mereka berhalangan kita sebagai Sub Bagian Hukum Polres Pagaralam tentunya akan siap menghadapi ” jelas Ludi saat diwawancarai via telepon pada Kamis malam (18/03/2021). (Tom)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *