Empat Lawang Mulai lakukan Proklim

EMPAT LAWANG-Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, mulai melakukan Program Kampung Iklim (Proklim).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang Irtansi mengatakan, kalau program Proklim ini merupakan perintah langsung dari Bupati Empat Lawang. Untuk membuat proklim disetiap Kecamatan.

Namun untuk saat ini, hanya Kecamatan Tebing Tinggi terdahulu yang akan memulai program Proklim tersebut.

“Karena baru kita lakukan satu Kecamatan dulu yaitu Kecamatan Tebing Tinggi, itu di Desa Mekarti Jaya (3B) dan Kelurahan Tanjung Kupang,” ungkap Irtansi saat rapat dengan Instansi terkait, untuk program Proklim ini.

Tujuan dari Proklim ini sambung Irtansi, agar Desa melakukan perubahan Iklim supaya tidak terjadi longsor, kekeringan serta dapat meningkatkan Ekonomi.

Dengan adanya program ini masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang ada, tanam-tanaman yang bermanfaat sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan.

Nantinya, Proklim ini akan bekerjasama dengan Perusahaan dan Dinas yang terkait, seperti Dinas PUPR, DPMDP3A, Dinas Pertanian serta PKK.

“Mungkin Desa nanti mau buat kolam ikan dari terpal nah itu bisa, jadi keterlibatan semua dari beberapa Intansi,” katanya.

Sebenarnya sambung Irtansi program ini sudah dilakukan, namun belum terorganisir, sebab melakukan tanaman secara pribadi-pribadi. Bukan secara kelompok.

“Jadi kesulitan itu kalau pribadi-pribadi, misalnya butuh bibit. Kalau pribadi dapat bantuan bibit itu biasanya 25 batang, namun jika ada kelompoknya baik kelompok tani atapun kelompok masyarakat bisa mendapatkan bantuan bibit satu Truck.

“Untuk dapat bantuan harus ada kelompok, baik kelompok tani atau kelompok masyarakat, dan setiap kelompok itu ada pembinanya,” ujarnya (red2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *