Ketua PKK Hadiri Panen Padi Inpari Ir Nutri Zinc Di Desa Kemang Manis

 

EMPAT LAWANG-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Empat Lawang Hj Heppi Sapriani hadiri gerakan panen raya padi INPARI IR NUTRI ZINC Varitas padi baru bernutrisi tinggi.

Kegiatan panen raya yang berada di Desa Kemang Manis, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang tersebut, dihadiri juga Kepala Dinas Pertanian, Camat Tebing Tinggi, Danramil Tebing Tinggi, dan Ketua PKK Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (19/4/2021).

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Empat Lawang Hj Heppi Sapriani mengatakan, padi INPARI IR NUTRI ZINC Varitas ini adalah jenis padi yang ditemukan pada tahun 2019. Sebagai padi yang bernutrisi tinggi.

” Alhamdulillah untuk di Sumatera Selatan (Sumsel), padi ini baru ada di Kabupaten Empat Lawang yang berada di Desa Kemang Manis, jadi kita bersyukur karena kita sebagai percontohan,” ungkap Hj Heppi Sapriani.

Jadi dilanjutkan istri Bupati Empat Lawang ini, kenapa padi ini sebagai padi bernutrisi tinggi karena padi ini memiliki tiga komponen enzim, dimana enzim itu sangat berguna untuk tubuh.

Salah satunya untuk menjaga stamina tubuh, kesuburan tubuh, untuk mengobati luka dan yang terpenting adalah sebagai pencegahan Stanting.

” Jadi padi jenis baru ini memiliki 34,51 PPM nutrisinya, maslaah stansing di Indonesia menjadi prioritas Pemerintah karena menurut catatan WHO Indonesian menduduk urutan ke lima dalam peringkat stanting,” jelasnya.

Oleh karena itu Pemerintah sangat konstiten dalam Pencegahan Stanting, salah satunya mengkonsumsi padi jenis kualitas tinggi ini.

” Jenis padi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi (zinc) yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia, sehingga diharapkan dapat meminimalisir angka stunting nantinya, khususnya di Kabupaten Empat Lawang tercinta,” ujarnya.

Untuk panen raya hari ini hanya 4 hektar, Insyaallah kedepan akan mencapai 50 hektar se Kabupaten Empat Lawang. Oleh karena itu Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang akan melakukan pembibitan, sebagai upaya penyebar luasan padi tersebut keseluruh Kabupaten Empat Lawang.

Bahkan bisa menjadi contoh dan menyebar ke Kabupaten-Kabupaten tetangga sehingga Sumsel menjadi lumbung padi. Khususnya lumbung padi kuwalitas baru ini (red2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *