Empat Lawang Jadi Yang Pertama Canangkan Desa Cantik Di Sumsel

EMPAT LAWANG -Kabupaten Empat Lawang menjadi yang pertama di Sumatera Selatan (Sumsel). mencangkan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik), Selasa (15/6/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di ruang rapat Madani tersebut, ditanda tangani dengan penandatanganan komitment bersama pencanangan Desa Cantik dan juga pendataan lainnya antara Pemkab Empat Lawang oleh BPS Kabupaten Empat Lawang yang disaksikan langsung oleh Kepala BPS Provinsi Sumsel.⁣

⁣Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad yang didampingi Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana mengatakan, dari puluhan ribu Desa / Kelurahan di Indonesia. Program Desa canti hanya dipilih 100 Desa se-Indonesia. Dan Sumsel hanya Empat Desa saja, beruntung Empat Lawang menjadi salah satunya.

” Dengan program ini diharapkan agar para aparatur Desa yang ada di Empat Lawang lebih mampu memahami statistik, sekaligus dapat menjadi pelopor untuk melahirkan komunitas cinta statistik di setiap Desa yang ada di Empat Lawang,” kata Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad.

Karena lanjut Bupati Empat Lawang dipilih oleh pak Zulkipli sebagai Kabupaten pertama yang dikunjungi setelah beliau dilantik, maka harus dibalas dengan menjadi Kabupaten pertama yang melakukan MoU dalam rangka penyuksesan pendataan Desa.

” Baik pendataan Desa cantik (Desa Cinta Statistik), Pendataan PODES (Potensi Desa), maupun pendataan SDGs Desa,” jelasnya.

Selain itu dijelaskan Bupati, Program-program ini salah satu langkah Quick Win atau program tindak cepat untuk mimpi besar dalam sistem data Empat Lawang kedepan.

Sebab sambung Bupati, cita-cita nya kedepan Empat Lawang memiliki data yang realtime sehingga kapanpun dibutuhkan, maka Empat Lawang sudah punya data yang akurat.

” Sehingga tidak ada lagi data bantuan sosial yang tidak tepat sasaran, karena datanya sudah akurat, sehingga Empat Lawang Madani akan terwujud,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPS Provinsi Sumsel Ir Zulkipli, MS,i, mengungkapkan munculnya Desa cantik ini untuk bersama-sama membangun Desa.

Dan Tahun 2021 BPS akan membuat 100 Desa cantik se-Indonesia dan Empat Lawang terpilih salah satu Kabupaten pertama yang mencanangkan Desa cantik di Sumsel.

” Dalam Desa cantik, seluruh unsur data akan dipasang sehingga Desa cantik ini akan terus berkembang. Apa yang jadi kebutuhan Pemerintah Daerah dalam pembangunan akan di masukan dalam sistem Desa cantik,” ujarnya (red2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *