Akreditasi Ilmu Komunikasi USS, BANPT Dorong Percepat Studio-studio dan USS TV Streaming

AKREDITASI ILMU KOMUNIKASI: WR I Dr. Leila Kalsum, WR II Rabin Ibnu Zainal PhD, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Agus Srimudin, M.I.Kom, Ka.Prodi Leti Karmila M.I.Kom, Ka.STK Alamsyah Rasyid, M.Kom, Ka.LPMA Budi Fachrudin, MSi, Ka.LPPM Diah Triesia, M.Kom, serta dosen-dosen lainnya, usai menyaksikan penandatanganan hasil Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan (USS) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) RI dengan Dekan Fikom dan Kaprodi, Kamis (24/6/2021).

PALEMBANG – Fasilitas-fasilitas Studio dan Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan (USS) mendapat apresiasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) Republik Indonesia. Hal itu terungkap ketika Asesmen Lapangan (AL) Prodi Ilmu Komunikasi selama dua hari, 23-24 Juni 2021. Fasilitas tersebut antara lain Studio USS TV (streaming), USS Radio (streaming), Podcast, Dubbing, Laboratorium/Studio Fotografi, dan Multimedia. Mahasiswa Fikom USS juga menampilkan berbagai hasil karyanya dalam bentuk multimedia konvergensi antara Video konten kreatif, Foto, dan YouTube. Baik karya sebagai tugas kuliah, menang lomba, maupun mendapat order dari pihak ketiga.

“Kami melihat keseriusan dari Yayasan dan Pimpinan USS dalam memberikan fasilitas-fasilitas berupa laboratorium studio USS TV streaming, USS Radio, Podcast, dan Fotografi. Kami harap ke depan fasilitas-fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara optimal. Silakan percepat USS TV Streaming, USS Radio, Fotografi, Podcast, dan Studio-studio Ilmu Komunikasi,” kata Dr. Catur, salah seorang Asesor dari BAN-PT secara daring kepada tim Akreditasi Ilmu Komunikasi, USS, Kamis (24/6/2021).

Untuk Visi Misi Ilmu Komunikasi USS, lanjut Catur, Visi Misi Ilkom/Fikom USS sudah jelas yaitu Entrepreneurship. “Visi Misinya sudah bagus dan jelas. Visi misinya memunculkan visi misi yang berbeda dengan Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi lain. Visi misi ini juga sesuai dengan Visi Misi USS, Entrepreneur University. Silakan perkuat dan pertajam Visi Misi ini, perbanyak Mata Kuliah tentang Entrepreneur dalam kurikulum dan masukan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Medeka). Apalagi koneksi jejaring Fakultas Ilmu Komunikasi sudah sangat banyak, silakan terus dikembangkan,” kata Dr. Catur memberi semangat.

Hal senada disampaikan Dr. Gatut, Asesor lainnya dari BANPT RI. “Saya percayai dosen-dosen Ilmu Komunikasi USS akan serius menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Itu sudah kelihatan dari semangatnya, juga sangat cepat dalam mengembangkan Fakultas Ilmu Komunikasi. Tapi jangan lengah, terus lakukan percepatan dan lompatan-lompatan agar Ilmu Komunikasi USS makin cepat berkembang,” ujar Dr. Gatut.

Selain memperbanyak jaringan kerjasama, lanjutnya, Ilmu Komunikasi USS harus lebih banyak lagi melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). “Saya melihat semangat itu sudah ada, bahkan sudah dilakukan. Tapi, harus terus ditingkatkan. Saya yakin bisa, karena kami sudah melihat semangat dan keseriusan Dekan, Kaprodi, dan para Dosen Ilmu Komunikasi USS selama proses akreditasi ini,” ujar Dr. Gatut memberi arahan.

Terkait Akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi USS, Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, PhD, mengatakan, akreditasi ini merupakan hal penting untuk Ilmu Komunikasi, bahkan untuk USS. “Akreditasi adalah hal penting bagi kami. Oleh karena itu, tim kami sudah sangat serius menyiapkannya. Bukan hanya disiapkan ketika akan akreditasi, tetapi memang sudah dilakukan selama proses perkuliahan dan berjalannya kampus USS ini. Saya yakin dan percaya semua Dosen dan Tenaga Kependidikan USS sangat serius dan komitmen menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi,” ujar Yudha.

Wakil Rektor I, Dr. Leila Kalsum mengatakan, proses persiapan akreditasi ini sudah berjalan lama dan sesuai standar. “Semua pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi kami lakukan sesuai standar. Oleh karena itu, dalam proses akreditasi ini kami lebih terbantu ketika menjawab pertanyaan dari Asesor. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Asesor dari BANPT. Sebab, mereka tidak hanya menilai dan mendalami keadaan Prodi Ilmu Komunikasi USS, tetapi mereka juga membantu mendorong agar dilakukan percepatan-percepatan. Memang USS masih baru, masih ada kekurangan, tetapi komitmen dan keseriusan dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi serta menjalankan Visi Misi USS, Entrepreneur University sangat intensif, serius, dan komitmen yang tinggi. Kami berupaya keras melakukan semua kewajiban dalam Tridharma Perguruan Tinggi sesuai dengan standar pemerintah,” ujar Leila bersemangat.

Untuk kerjasama dan pengembangan kampus USS ke depannya, timpal Wakil Rektor II USS, Rabin Ibnu Zainal PhD, USS akan memperbanyak kerjasama dengan stakeholder, baik pemerintah maupun swasta. “Pengembangan kampus, dosen, fasilitas, dan kerjasama-kerjasama tentu akan terus kita perbanyak. Kita evaluasi kemudian kita tampilkan sesuatu yang baru kepada mahasiswa. Nanti semua kebutuhan kampus perlahan tapi pasti akan kita tingkatkan,” kata Rabin.

Terkait program Visi Misi di Fakultas Ilmu Komunikasi USS, Fikom USS terus komitmen menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi dengan mengedepankan Visi Misi Entrepreneur University. “Setelah kita membaca Brand Mark atau melihat secara benchmarking perbedaan dengan Prodi-Prodi Ilmu Komunikasi di kampus lain, tentu semua kampus memiliki keunggulan masing-masing. Nah, untuk Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, memiliki keunggulan tentang Entrepreneur University. Bagaimana mahasiswa dididik dan dibimbing agar mandiri dan berjiwa entrepreneurship, kewirausahaan. Mahasiswa didorong menciptakan start-up, suatu rintisan usaha baru. Kita juga terus mengevaluasi kurikulum secara berkala menyesuaikan dengan tuntutan era. Selain itu, Fikom USS juga berupaya serius dalam menyiapkan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sesuai dengan program pemerintah. Tentu hal itu perlu bekerjasama dengan berbagai pihak jejaring dan stakeholder USS, sehingga diharapkan terjadi peningkatan yang signifikan,” kata Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Agus Srimudin, M.I.Kom, didampingi Kaprodi, Leti Karmila, M.I.Kom.

Dalam Akreditasi Lapangan Ilmu Komunikasi secara zoom itu, hadir pula para pimpinan USS, para Dekan dari Fakultas lainnya di USS, para Kepala Lembaga, Ka.Prodi, Dosen-dosen Ilmu Komunikasi, perwakilan Dosen-dosen USS dari Prodi Manajemen, Ilmu Komputer, Ilmu Perikanan, dan Agribisnis, Tenaga Kependidikan (Tendik), perwakilan Mahasiswa, serta pihak-pihak terkait. Pelaksanaan akreditasi berjalan lancar dan penuh dengan nuansa akademis. Berbagai tayangan hasil kreativitas mahasiswa ditampilkan, termasuk dilakukan zoom live melihat fasilitas-fasilitas kampus USS di Kampus A Jl. Letnan Murod Km.5 Palembang, Kampus B di Gedung Graha Bunda Jl. Jend. Sudirman Km.4 Palembang, juga melihat secara live fasilitas-fasilitas kampus dan studio-studio laboratorium di Kampus C USS Jakabaring. Ruang-ruang studio Ilmu Komunikasi, seperti ruang USS TV (streaming), ruang USS Radio, Podcast, Dubbing, dan Studio Laboratorium Fotografi juga tak luput dari pantauan tim Asesor. Termasuk melihat fasilitas perkuliahan, ruang kelas, ruang baca, perpustakaan, ruang multimedia, ruang praktek komputer, ruang para dosen, ruang pimpinan, ruang Aula, fasilitas olahraga dan seni, serta fasilitas-fasilitas lainnya. (red)

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *