PTM Terbatas, Sekolah Terapkan Prokes Covid-19 Yang Ketat

Foto: Ken Guru: Sekolah sedang memakaikan masker kemurid yang hendak masuk ke gerbang sekolah.

 

Empat Lawang – Sekolah tingkat TK/PAUD, SD, SMP serta SMA di Kabupaten Empat Lawang telah memberlakukan Penerapan Tatap Muka (PTM) terbatas sejak 2 September 2021.
PTM terbatas diperbolehkan seiring dengan menurunnya zona di Empat Lawang dari yang tadinya zona orange menjadi zona kuning. Pemerintah membolehkan sekolah tatap muka terbatas dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Berdasarkan pantauan, sekolah-sekolah di Empat Lawang sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Kepala SD N 1 Tebing Tinggi, Nurjanah mengatakan sekolahnya memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Siswa dan orang tua yang mengantar ke sekolah diwajibkan memakai masker bahkan jika lupa membawa masker maka sekolah sudah menyiapkan masker sendiri. Sekolah juga menyiapkan tempat untuk cuci tangan. Sebelum memasuki lingkungan sekolah, siswa dan guru dicek suhu tubuh, dan jarak menjaga jarak di kelas dengan jarak aman kurang lebih 2 meter.
“Anak-anak ketika di dalam kelas benar-benar diawasi oleh guru agar jarak aman tetap terjaga,” kata Nurjanah.
Selain itu, lanjut Nurjanah, pihak sekolah juga belum memperbolehkan pedagang utnuk berjualan di area sekolah. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.
“Untuk sementara, belum boleh berjualan di lingkungan sekolah. Jadi sesudah belajar, anak-anak tidak ada jam istirahat dan langsung pulang ke rumah dengan dijemput oleh orang tua masing-masing,” ucapnya.
Hal serupa juga dikatakan oleh Herlinah selaku kepala SMA N 11 Empat Lawang yang dulu bernama SMA N 3 Tebing Tinggi. Herlina menuturkan sekolahnya juga meniadakan jam istirahat untuk para siswa.
“Kalau sudah belajar, siswa langsung disuruh pulang tanpa ada jam istirahat,” ucapnya.
Laporan : Agus Subhan Bakin

 

Review Overview

Description

User Rating: 0 ( 0 Votes )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *