Bupati Dan Wabup Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan BLK Komunitas

EMPAT LAWANG – Yayasan Pendidikan Pesantren (YPP) Barokatul Qur’an bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, didukung Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, melaksanakan pembangunan gedung Balai Latihan Kerja Komunitas (BLK Komunitas) di Pesantren Barokatul Qur’an, Desa Karang Caya Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung BLK Komunitas tersebut, dilakukan langsung Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad bersama Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana, Rabu (27/10/2021).

Kepala Unit Kegiatan Pembangunan BLK Komunitas YPP Barokatul Qur’an Desa Karang Caya, Ustadz Firman menyampaikan, pembangunan BLK Komunitas di YPP Barokatul Qur’an Desa Karang Caya, dibangun bukan hanya untuk para santri dan santriwati di pesantren dan masyarakat sekitar sini saja. Namun untuk masyarakat Empat Lawang pada umumnya.

Pembangunan BLK Komunitas ini untuk mendukung program Bupati Empat Lawang, dalam rangka meningkatkan SDM yang unggul bidang ketenagakerjaan.

“Mungkin nantinya, ada program Pemerintah Kabupten Empat Lawang, setiap desa bisa ada tiga atau lima orang yang dikirim ke BLK Komunitas ini, untuk didik di sini,” kata Ustad Firman kepada awak Media.

Tentu saja sambung Ustadz Firman, di BLK Komunitas ini nantinya, bakal disiapkan tenaga pengajar yang profesional sesuai bidangnya, yang sebelumnya mengikuti pelatihan di Tanggerang Provinsi Banten, sebelum menajadi tenaga pengajar di BLK Komunitas ini.

“Calon pengajar nanti, tidak mesti dari Yayasan Pendidikan Pesantren Barokatul Qur’an. Bisa warga desa sini atau dari yang lainnya, yang sebelumnya akan mengikuti pelatihan di Kota Tanggerang Banten, terlebih dahulu,” cetusnya.

Pembangunan BLK Komumitas ini lanjut Firman, tidak hanya gedungnya saja, tapi juga peralatan-peralatan penunjang. Semuanya kata dia, bakal dipersiapkan pihak Kementerian Ketenagakerjaan.

“Untuk peralatan, nantinya setelah selesai gedung, baru dipersiapkan peralatan. Kebetulan ini, kejuruan tehnik las (welding), peralatan yang akan dipersiapkan pihak kementerian tentu saja peralatan-peralatan las,” ucapnya.

Ditempat yang sama Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad didampingi Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana mengatakan, pembangunan BLK Komunitas di lingkungan Pesantren Barokatul Qur’an ini, diharapkan nantinya dapat dijadikan sarana bagi para santri dan santriwati termasuk masyarakat sekitar untuk dilatih SDM-nya.

“Dan .emiliki kemampuan lebih unggul di dunia kerja. Harapannya, SDM yang dilatih ini nantinya menjadi tenaga kerja yang profesional dan berkompeten di bidangnya,” ungkap Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad kepada wartawan, usai melaksanakan peletakan batu pertama.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah didamping Kabid Tenaga Kerja Joni Verdi mengatakan bantuan pembangunan gedung BLK Komunitas ini, berasal dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, melaluo Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktifitas.

“Setelah dilakukan verifikasi berkas dan lainnya, langsung dilakukan MoU bersama. Hari ini secara simbolis dilakukan peletakan batu pertama,” ungkap Aidil.

Dia menjelaskan, pembangunan gedung BLK Komunitas ini, akan dilaksanakan secara Swakelola oleh penerima bantuan, dalam hal ini Lembaga YPP Barokatul Qur`an di Desa Karang Cahya, Kecamatan Pendopo Barat.

“Mereka sebagai penerima bantuan, sekaligus penerima dananya langsung ke rekening yayasan tersebut. Kami hanya berusaha untuk menjemput bantuan ke Kementerian, supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat Empat Lawang,” jelasnya.

Dengan adanya BLK Komunitas ini diharapkan nantinya bisa menciptakan lapangan kerja baru di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Untuk tahap awal, instruktur pelatihan akan didatangkan dari Kementerian Tenaga Kerja. Dua tahun pertama, akan diberikan pelatihan tentang Bengkel Las, sebanyak 32 orang setiap tahunnya,” ujarnya (red2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *