Disdikbud Kota Pagaralam Perdana Gelar Kegiatan Festival Multi Etnis Dikota Pagaralam

PAGARALAM – Festival pelaksanaan multi etnis Kota Pagaralam yang dikenal dengan julukan Kota wisata merupakan Destinasi unggulan Sumatera Selatan, sebagai Kota yang memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa.

Berbagai budaya dari etnis asal dan pendatang berbaur saling mengisi, adapun etnis yang ada di kota Pagaralam adalah etnis Besemah,
etnis Minang kabau, etnis Jawa, etnis Sunda, etnis Batak, etnis Tionghoa,Kegiatan Festival ini dilaksanakan di Gedung Aulah SD 74 Kota Pagaralam Rabu (24/11/21/).

Gerbak Masker (BKD) Untuk etnis Besemah Sanggar berguyut Gumai ikatan keluarga pencinta kesenian Besemah, forom Margedipe dan penyuluhan muncak Besemah. Etnis Minangkabau Kabau sangat Minang sainyo dan sangat Minang kota Pagaralam. Etnis Jawa sangar seni Jawa Reok.

Kabid kebudayaan Jimio mengatakan tujuan kegiatan Festival ini untuk menyatukan suku budaya yang ada di kota Pagaralam. kegiatan ini adalah yang pertama kalinya yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan. nanti nya kegiatan ini akan kita agendakan untuk kedepannya. supaya budaya yang ada di kota Pagaralam ini akan bersatu untuk kegiatan hari ini dari Diknas akan memberikan kan Uang pembinaan dan Sertifikat “, ungkap nya.

Ikut berpartisipasi dalam festival ini sangar seni Putri Sudarno dan Grub Musik Keroncong dan komunitas pencinta Megalitik seni adat Besemah. (Tom)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *