Didampingi Ketua PMI, Bupati Empat Lawang Pantau Operasi Bibir Sumbing Di RSUD Tebing Tinggi

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang bersama Ketua PMI Kabupaten Empat Lawang, pantau langsung operasi bibir sumbing secara geratis, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tebing Tinggi, Sabtu (11/12/2021).

Ketua PMI Kabupaten Empat Lawang Hj Heppy Sapriani mengatakan, Bakti Sosial (Baksos) operasi bibir sumbing secara geratis ini, PMI Kabupaten Empat Lawang bekerja sama dengan dokter-dokter Ahli bedah Plastik RSMH Palembang.

“Bagi masyarakat Empat Lawang terutama anak-anak yang menderita bibir sumbing, semoga dengan baksos ini anak-anak yang di operasi dapat hidup normal ke depannya seperti anak-anak yang lain,” kata Heppy.

Sementara Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengatakan, ini merupakan kegiatan PMI, dalam rangka Bakti Sosial (Baksos) operasi bibir sumbing secara gratis.

“Untuk pasien nya ada 22 orang dari berbagai Kecamatan, tingkat keparahan pasien macam-macam dan usia pasien pun juga macam-macam. Ada dibawah 1 tahun, ada 1-5 tahun, bahkan ada yang berusia 22 tahun,” ungkap Joncik saat dibincangi wartawan.

Ini lanjut Joncik, sangat penting bagi masa depan anak-anak, sebab jika tidak dilakukan operasi itu bisa membuat anak-anak tersebut merasa minder. Padahal anak-anak ini memiliki masa depan.

“Oleh sebab itu Pemerihtah melalui PMI mendata berapa banyak, ini baru sebagian kecil, Insyaallah akan terus kita lakukan,” ujarnya.

Awalnya dijelaskan Joncik, didata 30 orang, kadang-kadang orang tua pasien ini belum paham betul arti penting anak ini harus dioperasi.

“Mereka ada yang ketakutan anaknya nangis-nangis. Untuk masa depan anak ini orang tua harus berani, ini geratis, kalau mau bayar ratusan juta dan tidak disini harus di Palembang. Karena dokter ini sub spesialis bedah plastik,” jelasnya.

Insyaallah sambung Joncik, operasi bibir sumbing untuk ke 22 pasien ini akan selesai selam satu hari, sebab masih ada 2 tahap lagi, tahap 2 dan tahap 3.

“Kita berharap anak-anak yang dioperasi itu akan tampil sama dengan anak-anak yang lain, sehingga percaya diri, mereka punya masa depan, ini penting. Kegiatan ini sangat bermanfaat, sangat membantu anak-anak kita menjadi percaya diri,” harapnya (red2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *