BPS Empat Lawang Siap Menyelenggarakan Sensus Pertanian 2023

EMPAT LAWANG – Badan Pusat Statistik atau yang di singkat BPS adalah Lembaga Pemerintah Non-Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Data-data yang tersedia maupun publikasi yang dipublikasikan oleh BPS memiliki variasi jenis data mulai dari data sosial dan kependudukan, ekonomi dan perdagangan, pertanian dan pertambangan, usaha kecil dan menengah serta masih banyak lagi ketersediaan data yang disajikan oleh BPS.

Melansir dari laman resmi BPS, bps.go.id, kegiatan statistik di Indonesia sudah dilakukan sejak pemerintahan Hindia Belanda. Hal ini diawali dengan pembentukan lembaga di bawah Direktur Pertanian, Kerajinan, dan Perdagangan  di Bogor pada Februari 1920 yang bertugas mengolah dan mempublikasikan data statistik.

Dalam rangka persiapan Sensus Pertanian tahun 2023 di Kabupaten Empat Lawang kota Tebing Tinggi melalui BPS (Badan Pusat Statistik) Mayrano A. Sitinjak, S.ST menyatakan bahwa dalam waktu dekat akan diadakan Open rekrutmen secara terbuka dimedia sosial maupun website BPS pada bulan Maret mendatang untuk mengikuti program Sensus Pertanian 2023.

“Sekitar 200 petugas yang akan dipilih untuk mengikuti program Sensus Pertanian 2023 baik petugas lapangan maupun untuk pendataan pasca kegiatan lapangan jumlah pastinya belum diketahui karena berpatokan diprovinsi dan untuk mengikuti rekrutmen salah satunya mulai dari syarat, beban tugas, sistem kontrak dll, bisa lihat di website resmi BPS” ujar Mayrano A. Sitinjak, S.ST Statistika BPS kabupaten Empat Lawang pada Selasa (17/01/2023).

Ia pun menambahkan, Walaupun banyak kendala dalam proses persiapannya tetapi seluruh panitia yang terlibat Sensus Pertanian 2023 ini tetap akan mempersiapkan program ini dengan matang.

Adapun tujuan dari Sensus Pertanian 2023 ini ialah (1.) Menyediakan data struktur pertanian, terutama untuk unit-unit administrasi terkecil; (2.) Menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini. (3.) Menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan. (Mg3)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *