Pernah Mendengar Kartu Putih Dalam Sepak Bola? Simak Penjelasannya Disini

Ket : Tangkapan Layar Akun Resmi Canal 11 di twitter/Photo Nanda

Reporter : Afri Dwi Firdinanda                            Editor : Mega

EMPAT LAWANG – Di dalam dunia olahraga ter khususnya dalam sepak bola pasti sudah tidak asing lagi melihat pemain yang mendapatkan kartu kuning dan juga kartu merah.

Tapi apakah pernah kalian mendengar, terdapat satu jenis kartu lagi yang jarang sekali bahkan hampir tidak pernah di keluarkan.

Pemandangan ini terjadi untuk pertama kali di dalam laga Benfica vs Sporting Lisbon dalam piala Portugal wanita, hal itu terjadi pada Sabtu (21/01/23) dimana dalam pertandingan tersebut ialah penggunaan kartu putih.

Peristiwa tersebut bermula pada menit akhir babak pertama ketika Benfica unggul 3-0 atas Sporting Lisbon di The Estadio da Luz, tepat pada menit 44 staff medis yang berasal dari kedua tim berlari menuju ke tribun penonton.

Yang mana terdapat salah satu penonton mengeluhkan sakit, tanpa pikir panjang tindakan tersebut “Di hadiahi” oleh wasit yang memimpin laju pertandingan yaitu Catarina Campos dengan kartu Putih.

Para pendukung yang berada di tempat sempat bingung dengan tindakan wasit tersebut, di karenakan dalam tradisi sepak bola sendiri hanya terdapat dua kartu yaitu Kuning dan Merah.

Sementara penggunaan kartu putih sepak bola tersebut menjadi sejarah, sebab untuk kali pertama dalam pertandingan resmi sepak bola seorang wasit yang mengeluarkan kartu putih.

Tapi apakah penggemar bola sudah tahu arti dari kartu Putih itu sendiri?

Mengutip dari Mirror.co.uk, penggunaan kartu Putih sendiri merupakan terobosan baru dari FIFA yang sedang di jalankan.

Sesuai dengan tujuan penggunaannya kartu putih adalah bentuk apresiasi tindakan sportivitas dan fair play di lapangan selama pertandingan, hal ini berbeda dengan kartu kuning dan merah yang identik dengan hukuman untuk pemain.

Pengenalan kartu putih adalah bagian dari inisiatif baru untuk mendorong tim bertindak secara sportif dan menerima pengakuan instan atas tindakan positif yang dilakukan pemain maupun staff.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *