Pengenalan Alat Musik Jidur, Budayawan Provinsi : Jidur Ini Sudah Hampir Punah

Penampilan Kesenian Tradisional Jidur Khas Empat Lawang di aula Hotel Kito, Kamis (24/08/23).

Reporter I Editor : Nanda

Seputarempatlawang.com, TEBING TINGGI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang menggelar kegiatan sosialisasi pengenalan alat musik Jidur, Kamis (24/08/23).

Kegiatan sosialisasi pengenalan alat musik jidur ini di selenggarakan di Hotel Kito Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Turut hadir dalam kegiatan kali ini yaitu Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dadang Munandar, Budayawan Provinsi Sumatera Selatan Vebri Al Litani, Ketua Lembaga Adat Kabupaten Empat Lawang.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Empat Lawang Ahmad Luthfi Nugraha, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suaidah, Kepala OPD dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Zuhdi, Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdul Rozi serta 35 Kepala Sekolah SMP Negeri bersama Guru Seni dan Siswa se-Kabupaten Empat Lawang.

Budayawan Provinsi Sumatera Selatan Vebri Al Litani mengatakan, ia merasa sangat senang dengan adanya sosialisasi alat musik tradisional jidur ini.

“Saya sangat senang dengan adanya sosialisasi alat musik tradisional Jidur ini, karena Kesenian Jidur ini sudah hampir punah dan sekarang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) atau pemerintah Kabupaten Empat Lawang mensosialisasikan alat musik ini,” Ungkap Budayawan Provinsi Sumatera Selatan Vebri Al Litani, Kamis (24/08/23).

Sambungnya, ia menyimpulkan bahwa ada harapan untuk menghidupkan kembali kesenian khas Empat Lawang ini.

Sosialisasi ini di tujukan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Empat Lawang yang mana mereka ini lah sebagai generasi pewaris kesenian khas Kabupaten Empat Lawang.

“Ini awal yang baik bagi pelestarian kesenian tradisional Jidur,” Tuturnya.

Ditambahkannya, selain berkegiatan menjadi Budayawan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ia juga merupakan putra daerah asli Empat Lawang.

“Selain saya berkegiatan di Provinsi Sumsel, saya juga putra daerah asli empat lawang, tentunya prioritas saya sebenarnya di Kabupaten Empat Lawang untuk menjadi hal yang bisa meningkatkan promosi Kebudayaan di Empat Lawang salah satunya alat musik tradisional Jidur ini,” Tutup Vebri Al Litani.

Sementara itu, sama halnya dengan Budayawan Provinsi Sumatera Selatan Vebri Al Litani, Ketua Lembaga Adat Kabupaten Empat Lawang Sulton Bustari mengatakan, ia berharap kepada anak-anak muda Empat Lawang atau sebagai pewaris Kesenian peninggalan nenek moyang terdahulu untuk bisa melestarikannya kembali.

“Untuk yang akan datang Kesenian Tradisional ini (Jidur) turun dan di lestarikan kembali oleh anak muda sebagai pewaris peninggalan nenek moyang terdahulu dan gunanya untuk membendung arus Globalisasi dan menunjukkan jati diri kita sebagai warga Empat Lawang,” Ucap Ketua Lembaga Adat Kabupaten Empat Lawang Sulton Bustari saat sesi wawancara kepada awak media.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *