Sosialisasi Lembaga Adat Desa se-Kabupaten Empat Lawang

Saat Pembukaan Sosialisasi Lembaga Adat Desa Oleh Sekretaris Daerah Fauzan Khoiri Denin, Kamis (31/08/23).

Reporter Editor : Nanda

TEBING TINGGI – Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Sosialisasi Lembaga Adat Desa yang mana pada kegiatan kali ini mengusung tema yaitu bersama Lembaga Adat membangun Empat Lawang Madani, Kamis (31/08/23).

Kegiatan sosialisasi lembaga adat ini berlangsung sekira pukul 09:00 WIB serta bertempat di Aula Hotel Kito Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Adapun yang turut hadir pada kegiatan sosialisasi lembaga adat ini yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan, Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini di wakili Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan Cahyo Sulistyaningsih.

Kepala OPD dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang, Ketua Lembaga Adat Kabupaten, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) John Heri, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Empat Lawang Muhammad Zuhdi dan para Ketua Lembaga Adat Desa se-Kabupaten Empat Lawang.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin mengatakan, peran lembaga adat ini sentral sebagai filter dalam penegakan adat budaya dan kearifan lokal di Kabupaten Empat Lawang.

“Kita bersyukur di 147 desa sudah ada lembaga adat jadi peran dan fungsinya akan kita tunggukan,” Ucap Sekretaris Daerah Fauzan Khoiri Denin.

Sambungnya, ia harapkan peran mereka ini sebagai penjaga, sebagai punggawa, sebagai penegak aturan adat yang merupakan semua kebiasaan dalam wilayah kita yang tidak bertentangan aturan atas, formal, atau negara.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan Cahyo Sulistyaningsih mengatakan, ini tentunya sesuatu yang sangat luar biasa.

“Karena di Empat Lawang ini terbentuk Lembaga Adat Desa, kan kita tau Lembaga Adat Desa ini penjaga gawang dalam pelestarian adat dan istiadat,” Tuturnya.

 

Disisi lain Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Empat Lawang Muhammad Zuhdi mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada ketua Lembaga Adat Desa tentang bagaimana menjalankan tugas dan tanggung jawab yang di emban.

“Secara langsung dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam mengikuti sosialisasi lembaga adat ini serta menjaga silahturahmi antar Lembaga Adat Desa Kecamatan dan luar Kecamatan,” Pungkasnya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *