“KETUBEAN” Warga Tebing Tinggi Antusias Terjun Ke Sungai

Empat Lawang – Warga Kecamatan Tebing Tinggi yang wilayahnya di aliri oleh sungai musi,sebagian besar warganya antusias terjun ke sungai untuk berburu ikan yang mabuk akibat erupsi dari Gunung Dempo Pagaralam, atau masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan “Ketubean”, Jumat (10/11).

Masyarakat yang antusias menyambut Ketubean ini, berbondong-bondong terjun kesungai dengan dilengkapi berbagai perlengkapan menangkap ikan.

Salah satu warga yakni Yanto (27) warga Kelurahan Pasar Tebing Tinggi ini mengaku tidak mau melewatkan tradisi masyarakat yang hanya dilakukan sekitar lima tahun sekali ini.

“Sejak pagi, mendengar adanya kabar tersebut, saya sudah langsung ke sungai pak, alhamdulillah banyak ikan yang didapat,” ungkapnya.

Selain itu salah seorang warga desa Batu Pance yakni Manbento (40) mengaku sangat senang jika tradisi Ketubean tiba. Ia mengatakan hanya menggunakan tangan saja, warga sudah bisa mendapatkan ikan besar dan ikan yang sulit ditangkap, dikarenakan ikan-ikan yang mabuk karena terkena erupsi Gunung Dempo.

“Dapat banyak pak, ini dapat ikan mujair ukuran besar. Bisa untuk di goreng buat keluarga dirumah,” ujarnya, sembari masih sibuk merendam tangan di tengah sungai.

Diketahui, tradisi Ketubean merupakan tradisi menangkap ikan lima tahun sekali untuk masyarakat Kabupaten Empat Lawang, dikarenakan saat ini Gunung Dempo Pagaralam menyembur abu vulkanik setinggi 1000 meter ke udara, dan menyemburkan belerang ke sungai-sungai yang ada di sekitarnya.(02)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *