PT.MLA Akan Investasi Ke Empat Lawang



EMPAT LAWANG – Kabar gembira bagi Kabupaten Empat Lawang, pasalnya salah satu perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan Kelapa Sawit, siap berinvestasi di Kabupaten Empat Lawang, Senin (3/12).

Perusahaan tersebut yaitu PT Lawang Agrotama (PT MLA), bahkan saat ini sudah mengantongi izin lokasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, seluas 12.033 Hektar dan luas perkebunan 8.929 Hektar di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Sikap Dalam, Ulu Musi dan Kecamatan Pasemah Air Keruh.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali melalui Kabid Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup (PPLH), Harry Pratama selaku Ketua Tim Teknis penyusunan KA-Andal rencana usaha dan atau kegiatan pembangunan perkebunan kelapa sawit PT MLA mengatakan, siap membantu dan siap mengikuti mekanisme penyusunan dokumen tersebut sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami berharap dengan masuknya PT MLA di Empat Lawang, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan Empat Lawang secara keseluruhan,” kata Harry.

Dijelaskan Harry, rencana lokasi kegiatan PT MLA ada di 14 Desa dalam Tiga Kecamatan. Dan pihaknya meminta supaya pihak perusahaan tetap menjaga azaz manfaat, dengan tetap berkomitmen sampai kapanpun.

“Saya minta pihak perusahaan tetap menjaga azaz manfaat ini, dengan tetap berkomitmen menerapkannya,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan pihak PT MLA selaku pemprakarsa kegiatan tersebut Syafid Mustofa mengatakan, pihaknya memang berniat membuka areal perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Empat Lawang ini.

“Kami ingin berinvestasi di wilayah tiga Lecamatan dengan membuka perkebunan kelapa sawit bagi areal-areal yang memungkinkan. Kata kuncinya, bagi areal-areal yang memungkinkan kita dibuka,” ujar Syafid.

Pihaknya sambung Syafid, tidak mau grasak-grusuk, tapi akhirnya nanti akan timbul persoalan-persoalan. Oleh karena itu pihaknya akan mengikuti mekanisme-mekanisme yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami akan mentaati aturan yang berakitan dengan lingkungan. Mudah-mudahan jika perusahaan ini terwujud akan membawa manfaat, terutama bagi masyarakat yang bersinggungan langsung dengan perusahaan ini,” tungkasnya (Tri).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *