Wabup Meninjau Langsung Tiga Desa Yang Sempat Terendam Banjir

EMPAT LAWANG РPasca banjir di beberapa desa di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang akibat luapan Sungai Musi, aktivitas warga setempat sudah berjalan kondusif.

Desa yang dilanda banjir tersebut Desa Kota Gading, Desa Baturaja Lama dan Desa Baturaja Batu. Kedua desa ini memang langganan banjir jika Sungai Musi meluap.

Wakil Bupati (Wabup) Empat Lawang Yulius Maulana beserta beberapa kepala OPD meninjau langsung ketiga Desa tersebut. Wabup mengecek jembatan gantung di Desa Baturaja Lama dan bangunan beronjong.

Selanjutnya mengecek kondisi jalan menuju Desa Baturaja Baru yang longsor hampir setengah badan jalan. Akses jalan tersebut merupakan penghubung Desa Sugiwaras – Desa Baturaja Baru.

“Kami dapat laporan dari masyarakat adanya banjir. Tadi kita cek dan kita atasi. Kami melihat sendiri di Desa Kota Gading hingga Desa Batu Raja Baru dan akan dinaikan elvansi atau ketinggian tanah di sana paling tidak 1 meter,” kata Yulius.

Selain itu, pihaknya akan membuat tembok penahan di sepanjang tiga Desa tersebut. Namun akan didiskusikan lagi dengan Kementerian PU Perairan, karena kalau pakai APBD tidak cukup.

“Panjangnya kurang lebih 3 km. Dananya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan miliar. Dan dalam minggu ini kami akan temui Balai Besar untuk bahas ini sekaligus irigasi di Paiker,” ujarnya.

Untuk jalan yang longsor di Desa Batu Raja Baru, lanjut Wabup, akan dibangun beronjong dengan menggunakan APBD.

“Karena itu jalan kabupaten, akan segera diperbaiki pakai APBD, sekaligus akan membuat plat deker di irigasi yang berada di tengah Desa,” jelasnya

Sementara itu Kepala Desa Batu Raja Lama Edi Bahadal, mengatakan kalau masyarakat sudah beraktifitas seperti biasa, karena sungai musi sudah mulai surut.

“Namun di sekitar rumah warga masih banyak lumpur akibat banjir. Kalau rumah-rumah warga sudah dibersihkan,” tungkasnya (Hum/Kominfo).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *