Persiapan New Normal Pemkab Empat Lawang, Forkopinda dan Ormas Gelar Rapat Bersama

EMPAT LAWANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang bersama Forkopinda, Instansi Vertikal dan Organisasi Masyarakat (Ormas), menggelar rapat bersama.

Rapat yang dipusatkan diruang rapat Madani tersebut, membahas rencana penerapan New Normal di Kabupaten Empat Lawang, Selasa (2/6/2020).

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengatakan, tujuan New Normal tersebut untuk mempercepat penanganan covid-19 di Empat Lawang.

” Tapi yang terpenting untuk menyelamatkan Ekonomi Nasional, Ekonomi Daerah. Karena jangan sampai Ekonomi kita ambruk kolep,” kata Joncik didampingi Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana.

Sebab lanjut orang nomor satu di Empat Lawang ini, jika tidak ada aktifitas Ekonomi maka pendapatan pajak tidak akan tercapai, sebab sumber pendapatan APBN berasal dari pajak.

” Kalau tidak ada aktifitas Ekonomi pendapatan pajak tidak akan tercapai, kalau itu sampai terjadi pasti bapak ibu tidak bisa digaji lagi menjadi suka relawan, Alhamdulillah Empat Lawang ditunjuk untuk menerapkan New Normal,” ungkapnya.

Nantinya akan ada satgas penegakan disiplin, sebab mendisiplinkan masyarakat bukan pekerjaan yang mudah. Salah satu contohnya masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Dipasar Tebing Tinggi dan Pendopo ada petugasnya nanti, dan untuk pasar kalangan harus diatur dengan protokol kesehatan. Sebab pasar itu tidak boleh berhenti karena itu perputaran Ekonomi, dan yang penting adalah sosialisasi kepada masyarakat terkait New Normal ini, nanti kita adakan apel kedisiplinan masyarakat,” tegasnya.

Sementara Ketua Sathas, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi menjelaskan, sesuai perintah dari Panglima TNI, TNI akan melakukan penegakan disiplin terhadap masyarakat.

” Kita ini satgas tidak berdiri sendiri, tujuannya agar diperoleh kesamaan dan pemahaman dalam rangka penegakan disiplin, dalam penerapannya kita lakukan dengan cara humanis, jangan sampai terpancing emosi,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Empat Lawang AKBP Wahyu, mengaku Empat Lawang ini ada kelebihan salah satunya tidak ada Mall dan hanya ada pasar.

” Saya minta setiap pasar itu wajib menyediakan tempat cuci tangan dan dibuat patokan jaga jarak, termasuk di rumah makan-rumah makan. Dan kalau bisa tolong buatkan Spanduk besar, misalkan tulisannya warga Empat Lawang wajib menggunakan masker,” ujarnya (red 2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *