Diskop UMKM Nakertrans Kerjasama Dengan FBKK Sumsel, Untuk Menyelenggarakan Kegiatan Pelayanan Dan Informasi Pasar Kerja Kesekolah

EMPATLAWANG – Saat ini banyak para lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), tidak melanjutkan kependidikan keperguruan tinggi, mereka lebih memilih mencari pekerjaan ketimbang melanjutkan pendidikan, karena berbagai faktor.

Diperkirakan ada sekitar 10 sampai 15 persen siswa-siswi yang menyelesaikan jenjang pendidikan SLTA di Empat Lawang yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sisanya, berpotensi menambah angka pengangguran di Kabupaten Empat Lawang.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskop UMKM Nakertrans) Kabupaten Empat Lawang Aidil Yuliyansah melalui Kabid Ketenaga Kerjaan Joni Verdi menyadari hal tersebut.

Maka dari itu pihaknya, mendatangi sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan informasi lowongan pekerjaan kepada para siswa-siswi ini, sebelum mereka menyelesaikan pendidikan tingkat atas.

Selain itu Diskop UMKM Nakertrans Empat Lawang juga berkerjasama dengan Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK) Sumsel, untuk menyelenggarakan kegiatan pelayanan dan informasi pasar kerja ke sekolah-sekolah di tiga kecamatan di yang ada di Kabupaten Empat Lawang pada bulan Juni lalu.

” Tiga Kecamatan yang kita datangi itu Kecamatan Ulu Musi, Kecamatan Pasemah Air Keruh dan Kecamatan Sikap Dalam,” ungkap Jono kepada wartawan.

Setiap sekolah yang didatangi lanjut Joni, memang dibatasi pesertanya ini dilakukan untuk menghindari kerumunan. Tapi peserta yang hadir itulah yang di harapkan dapat menyebarluaskan informasi yang pihaknya bawa tersebut.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka wawasan para siswa-siswi yang akan menamatkan jenjang SLTA, ke mana arah mereka setelah menerima ijazah SLTA. Apakah melanjut keperguruan tinggi atau langsung mencari pekerjaan.

Jangan sampai para siswa siswi setelah tamat SMA, mereka justru kebingungan mau kerja apa, sehingga pada akhirnya menjadi beban keluarga karena berbuat hal yang negatif akibat tidak punya pekerjaan.

” Kita juga memberikan bayangan pekerjaan apa yang cocok untuk tamatan SMA, selain itu kita juga menginformasikan instansi swasta mana yang membuka lowongan pekerjaan untuk tamatan SMA,” ujarnya

Saat ini sambung Joni, ada beberapa instansi swasta yang membuka lowongan pekerjaan, seperti perusahaan ritel, pabrik, bahkan ada juga yang potensi menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar Negeri untuk bekerja di pabrik pengelolalan kayu di Malaysia.

” Kita berharal informasi yang kita sampaikan ini, menjadi pertimbangan bagi para lulusan SMA, yang memilih mencari kerja ketimbang melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi yaitu kuliah,” harapnya (red2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *