Kecamatan Paiker Salurkan BLT DD di 7 Desa Di Paiker

EMPAT LAWANG – Penyerapan dana desa (DD) untuk Paiker termasuk rendah dibandingkan 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

Seiring dengan berakhirnya masa jabatan kades periode 2015-2021, Penjabat Kades dan 9 kades yang masih menjabat berpacu memaksimalkan penyerapan DD tahun 2021, khusus BLT DD yang baru diberikan kepada KPM sampai bulan Maret dan akan dibagikan hari ini (03/07) untuk April 2021.

Camat Paiker Noperman Subhi menekankan untuk segera menyalurkan BLT DD, jangan ditunda-tunda lagi agar dapat mengusulkan untuk BLT DD Mei sampai Juni 2021.

Yang lebih penting dapat juga mencairkan DD yang Lainnya, baik berupa pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat.

Dalam kesempatan menghadiri pembagian BLT DD, selain mengingatkan akan peruntukan DD bagi masyarakat yang mendapatkan, Noperman Subhi menyampai kondisi perkembangan Covid-19.

Penyebarannya di Paiker sudah memasuki tahapan perlu penanganan khusus karena sudah banyak masyarakat yang terkonfirmasi bahkan ada yang meninggal kena Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode real time RT-PCR Coronavirus di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang.

Untuk itu masyarakat harus memperketat protokol kesehatan. Apalagi salah satu tokoh masyarakat Paiker yang ada di Yogya mengingatkan pihak kecamatan untuk lebih perhatian karena di dusun banyak yang meninggal dunia dengan gejala “gelegasan” dan tidak mau makan. Beliau pun mencurigai jangan-jangan mereka sudah terpapar Covid-19.

Susanto, sekcam Paiker yang juga sekaligus Penjabat kades Pagar Jati meminta masyarakat untuk mentaati Surat Edaran Bupati yang melarang kegiatan persedekahan, resepsi atau kegiatan sosial lainnya mulai dari 27 Juli sampai akhir Agustus 2021.

KPM BLT DD bulan April, baik yang menerima di Pagar Jati, Keban Jati dan Talang Randai sepakat memanfaatkan bantuan sesuai peruntukannya, melaksanakan protokol kesehatan demi terhindar dari terkonfirmasi Covid 19 dan mentaati larangan mengadakan pesta yang menyebabkan kerumunan yang rentan terpaparan Covid-19.

Disela pembagian BLT DD di 7 desa di Paiker, camat Paiker menyempatkan diri memantau vaksinasi tahap ke-2 pasca vaksinasi jemput bola ke desa-desa di puskesmas Paiker. Kali ini vaksin yang tersedia sejumlah 28 vial atau 280 dosis dan berharap secepatnya mendapatkan kembali jatah vaksin sesuai kebutuhan dari dinas kesehatan Empat Lawang. (Tom)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *