Mengenal Lebih jauh proses pembuatan Batik Asli Paiker Kabupaten Empat Lawang

EMPAT LAWANG – Batik motif Paiker atau Pasemah Air keruh yang dibuat di Ulur Wiji ini adalah batik di tulis yang menggunakan pewarna alami dari tumbuh – tumbuhan dan dikerjakan oleh pengrajin – pengrajin muda yang ada di Desa Pandan Krajan Mojokerto.

Proses pembuatan batik paiker, langkah awal yang dilakukan adalah membuat pola pada kain. Pola yang telebih dahulu didesign melalui komputer kemudian di print dilembaran kertas sampai mencapai ukuran kain yang diinginkan.

Setelah proses itu barulah menggambar manual dengan pensil motif yang sudah ada pada kain. Proses ini membutuhkan waktu dua hari atau sekitar 15 jam.Setelah kain sudah tergambar dengan pensil, barulah proses mem-batik dilakukan.

Mengggunakan canting dan malam yang telah dipanaskan, para pengrajin menggores mengikuti pola yang sudah tergambar diawal. Pada bagian ini yang memakan waktu terlama. Untuk selembar kain enggan ukuran kurang lebih 2 meter dibutuhkan waktu untuk nyanting sekitar 4 hari kerja.

kain yang telah dibatik selanjutnya masuk ke proses pewarnaan. Dalam proses pewarnaan, tidak menggunakan pewarna sintetis, tetapi menggunakan Pewarna alami yang dari ekstaksi daun tarum atau indigofera.

dalam proses pewarnaan ini dibutuhkan sepuluh kali celup yang membutuhkan waktu 1- 2 hari kerja. Setelah mendapatkan kepekatan warna yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah penguncian, supaya tidak luntur saat nanti dipergunakan.

Setelah penguncian warna selesai maka langkah selanjutnya adalah pelorod-an, yaitu menghilangkan malam yang melekat pada kaind dengan menggunakan air mendidih sampai seluruh malam luruh dan tidak menempel di kain, dari proses penguncian dan pelorodan ini membutuhkan 1 hari kerja.

Proses batik sampai menjadi kain selesai sampai disini, tetapi untuk menjadikannya baju masih ada satu langkah terakhir yaitu penjahitan. Kami di Ulur Wiji bekerja sama dengan beberapa penjahit yang ada didesa yang telah kami pastikan kualitasnya. Penjahitan untuk batik paiker ini membutuhkan waktu 1-2 hari kerja.

Batik tulis dengan pewarna alami dan motif daerah Pasemah Air Keruh yang bernilai tinggi ini dari awal sampai selesai proses membutuhkan waktu total 14 hari dalam proses pengerjaannya. (Tom)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *