Akibat Luapan Sungai Musi Abutmen Jembatan Pulau Emas Ambles

EMPAT LAWANG – Tanah disekitar Abutmen (Pangkal Jembatan) pulau emas, tepatnya disalah satu sisi bagian bawah jembatan tersebut ambles, akibat tergerus luapan sungai Musi.

Kondisi amblesnya tanah di sekitar abutment jembatan tersebut, cukup parah. Hanya saja belum sampai ke permukaan jalan, namun bila tidak segera ditanggulangi, kemungkinan besar amblesnya tanah di sekitar abutment jembatan tersebut tidak menutup kemungkinan sampai ke permukaan jalan, yang membuat jembatan itu tidak bisa dipergunakan lagi.

Saat ini titik lokasi amblesnya tanah di sekitar abutment jembatan tersebut, sudah dipasang tanda dan tali pengaman agar tidak dilalui kendaraan berat.

Sebab dikhawatirkan, adanya kendaraan yang berlalu lalang di atas abutment tersebut, dapat menambah parah amblesnya abument jembatan yang menjadi akses satu-satunya ke kawasan Pasar Pulau Mas Tebing Tinggi.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang yang juga sekaligus Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Empat Lawang, Indera Supawi datang langsung meninjau ke lokasi ambles nya pangkal Jembatan pulau emas.

” Hari ini juga kami akan mengadakan rapat mendadak, bersama Dinas PUPR, Disperindag, Dinas Pasar dan instansi terkait lainnya, untuk membahas permasalahan ini,” ungkap Indera Supawi.

Menurutnya, untuk rencana jangka pendek ini, jembatan Pulau Mas kemungkinan akan ditutup sementara untuk kendaraan roda empat.

” Kita khawatir jika dilalui kendaraan roda empat, jalan aspalnya akan bless dan membahayakan warga yang melintas. Tapi ini, akan kita rapatkan dulu,” katanya.

Terpisah, Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Empat Lawang, Eko Purwanto mengungkapkan, sebagai langkah awal pihaknya memasang tanda peringatan di sekitar lokasi agar tidak dilalui kendaraan.

” Karena sangat berisiko bagi kendaraan bila melintas di sini,” jelas Eko.

Pihaknya sambung Eko, belum dapat berkomentar banyak. Sebab, akan dirapatkan terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.

” Nanti saja akan kita sampaikan, sebab akan kita laporkan dulu ke Bupati dan akan dirapatkan dulu, untuk tindak lanjutnya,” ujarnya (red2).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *