Waspada ! Tahun Ini Berpotensi Kemarau Cukup Panjang

Sekda Empat Lawang Fauzan Khoiri meninjau personil dan kelengkapan tim siaga Karhutlah/Photo Nanda

 

Reporter  : Afri Dwi Firdinanda
Editor       : @win

EMPAT LAWANG – Sekda Empat Lawang Fauzan Khoiri menghimbau kepada masyarakat, untuk bersiap-siap menghadapi fenomena El nino di tahun ini di perkirakan bakal terjadi kemarau cukup panjang.

El nino tersebut, diperkirakan akan dimulai pada bulan Maret hingga September 2023 mendatang.

“Sebagaimana diketahui, jika terjadi kemarau panjang, maka akan berhubungan dengan bencana kebakaran,” ungkap Sekda Fauzan Khoiri saat dibincangi wartawan seputarempatlawang.com usai Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) yang digelar di lapangan Pemkab Empat Lawang, Kamis (02/02/2023).

Sejauh ini persiapan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Empat Lawang TNI, Polres bersama dengan instansi terkait dan beberapa perusahaan yang ada dalam lingkungan Kabupaten Empat Lawang sudah cukup siap.

“Insya allah kita sudah siap untuk mengatasi Karhutlah,” Ujar Fauzan Khoiri.

Menyikapi hal tersebut terdapat beberapa perusahaan juga ikut diundang dan ikut andil dalam apel siaga karhutlah hari ini.

“Makanya tadi kita pesan kepada pihak perusahaan dalam melaksanakan eksplorasi atau pengembangan, untuk sesuai aturan,” Ujarnya.

Sementara itu untuk menghindari dan meminimalisir kepada masyarakat Fauzan Khoiri selaku Sekda Kabupaten Empat Lawang sekali lagi menghimbau ketika hendak meninggalkan rumah, kantor atau tempat lain yang berpotensi kebakaran untuk melakukan pencegahan supaya tidak terjadi kebakaran.

“Dan ketika hendak meninggalkan rumah, kantor, atau tempat usaha langkah pencegahan terhadap potensi terjadinya kebakaran juga harus dilakukan,” pesannya.

Ia menambahkan sejumlah potensi yang bisa menjadi penyebab kebakaran yang harus diwaspadai diantarnya aliran listrik, kompor, puntung rokok, perangkat elektronik dan pembakaran sampah.

“Pastikan sebelum rumahnya ditinggal pergi, cek peralatan listrik, kompor listrik dan tabung gas apakah sudah dalam keadaan aman. Lampu saat di tinggalkan dinyalakan seperlunya saja,” Tutupnya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *