Pempek Lenggang Bikin Ngiler, Ini resepnya !

Reporter : Afri Dwi Firdinanda
Editor      : @win

EMPAT LAWANG – Pempek adalah makanan khas daerah Sumatera Selatan, tiap-tiap Kabupaten atau Kecamatan yang berada di Provinsi Sumatera Selatan ini pasti sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya pempek.

Terdapat banyak sekali ragam macam pempek ini seperti, pempek dos, pempek adaan, pempek kapal selam, pempek kulit, pempek lenjer, pempek sutra, pempek ayam dan pempek lenggang.

Dilansir dari resepkoki.id Pempek lenggang sebenarnya adalah variasi penyajian dari pempek lenjer, kocokan telur dicampur dengan irisan pempek lenjer lalu digoreng seperti telur dadar.

Berikut adalah bahan-bahan dan tata cara dalam pembuatan 2 porsi pempek lenggang :
1. Pempek Lenjer 2 buah
2. Telur ayam 3 butir
3. Garam 1/2 sdt
4. Ketimun, diiris kecil-kecil 1 buah
5. Kuah Cuko

Langkah-langkah pembuatan pempek lenggang yaitu :
1. Potong pempek lenjer jadi berukuran bulan seperti koin tebal setelah itu disisihkan.

2. Dalam mangkok, kocok lepas telur bersama garam lalu masukkan pempek lenjer kedalam kocokan tersebut dan di aduk dengan merata.

3. Panaskan minyak di wajan yang datar, lalu tuang adonan dan goreng seperti membuat telur dadar, setelah itu goreng hingga matang di kedua sisinya lalu diangkat.

4. Pempek lenggang siap disajikan dengan irisan timun dan di siram dengan kuah cuko.

Sedikit Tips untuk pembuatan pempek lenggang, buat lah potongan pempek lenjer yang tidak terlalu tipis dan saat menggoreng pempek lenggang gunakan api sedang jangan terlalu besar.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *