4 kebiasaan warga Indonesia menjelang lebaran

Gambar sumber Google/maikel

Reporter : Maikel Dwi Saputra.                             Editor     : Mega

EMPAT LAWANG – Hari Raya Idulfitri 2023 ini tinggal menghitung hari, tentu saja suasana lebaran mulai terasa hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia dalam merayakan lebaran hampir selalu meriah dengan beraneka ragam menyambut kedatangan hari penuh kemenangan bagi umat Islam, Membuat banyak aktivitas yang dilakukan guna menyambut suka cita di hari lebaran.

Biasanya 4 kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang perayaan atau saat akan menyambut hari raya Idulfitri diantaranya:

1. Mengecat dan Menghias Rumah sebelum Lebaran

Kebiasaan yang umumnnya dilakukan menjelang perayaan hari raya Idulfitri di Indonesia adalah mengecat ulang rumah.

Kebiasaan mengecat ulang rumah saat akan menyambut perayaan lebaran ini diyakini untuk memberikan suasana baru dan untuk menyemarakkan lebaran.

Tentunya dengan kondisi rumah yang berbeda dapat memberikan suasana yang baru saat menyambut lebaran.

Beberapa orang umumnya akan memilih warna yang cerah saat mengecat ulang rumahnya guna menyambut hari raya lebaran dan tidak jarang pula ada yang memberikan beberapa ornamen atau hiasan seperti rangkaian bendera warna-warni, lampu-lampu hias ataupun umbul-umbul yang dijadikan pernak-pernik hiasan lebaran.

2. Memasak Kue dan Makanan Khas

Lebaran

Salah satu agenda rutin saat menyambut lebaran dari tahun ke tahun adalah memasak hidangan khas lebaran atau kue-kue lebaran.

Kebiasaan ini bisa dibilang telah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu umumnya makanan khas lebaran yang dimasak merupakan makanan tradisional di masing-masing daerah dan memiliki makna tersendiri saat perayaan lebaran.

Makanan yang umumnya disajikan saat lebaran selain keu-kue adalah makanan seperti ketupat opor, gulai, kare ataupun makanan-makanan lainnya

3. Belanja Baju Baru Sebelum Lebaran

Salah satu kebiasaan terakhir yang mungkin juga masih sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menyambut lebaran adalah berbelanja baju baru untuk dipakai di hari raya Idulfitri.

Kebiasaan yang sudah menjadi tradisi turun temurun ini memang merupakan salah satu warna tersendiri dalam menyambut lebaran di Indonesia.

Umumnya kebiasaan ini sangat digemari oleh anak-anak dan remaja tentunya hal ini juga disambut cukup antusias oleh para pemilik toko.

Biasanya akan ada diskon lebaran guna menarik minat masyarakat untuk berbelanja pakaian yang akan dikenakan saat berlebaran nanti.

4. Mudik

Mudik merupakan kebiasaan yang bisa dibilang pasti terjadi di setiap momentum lebaran di Indonesia.

Bahkan, bisa dibilang telah menjadi agenda rutin bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi para perantau di berbagai daerah.

Mudik merupakan kebiasan pulang ke kampung halaman yang umumnya dilakukan setiap hari-hari besar atau momen liburan panjang seperti libur lebaran saat ini.

Jutaan warga Indonesia melakukan kegiatan mudik setiap menjelang perayaan Idulfitri.

Momentum mudik yakni dapat berkumpul dan berlebaran di rumah keluarga dan bertemu keluarga besar menjadi salah satu alasan utama dari kegiatan tersebut yang seringkali dipergunakan oleh para perantau yang biasanya pergi dari daerah asal untuk bekerja ataupun bersekolah untuk bisa bertemu kembali dengan keluarganya di hari lebaran.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi kebiasaan masyarakarat Indonesia ketika akan menyambut Hari Raya Idulfitri atau lebaran.

Beberapa hal di atas bisa dibilang merupakan tradisi turun-temurun yang sudah dilakukan sejak lama, khususnya saat menyambut hari raya lebaran.dilansir dari insiden24.com.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *