Puluhan Warga Empat Lawang Menderita Penyakit Katarak

Empat Lawang – Tiga Puluh Empat Orang yang terdata di Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, pada tahun 2018 ini menderita penyakit katarak, data tersebut diambil berdasarkan sidak data dari seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Empat Lawang

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang Sahrial Podril.

” Berdasarkan data sidak laporan puskesmas yang kami terima sejak Januari hingga September 2018, penderita Penyakit katarak di Kabupaten Empat berjumlah 34 orang, yaitu 7 orang diantaranya Pria dan 27 orang Perempuan,” Syahrial Podril kemarin.

Dijelaskan Syahrial, untuk Kabupaten Empat Lawang, 3 (Tiga) Kecamatan yang paling banyak masyarakat nya menderita penyakit katarak, salah satunya ada di Kecamatan Tebing Tinggi.

” Kecamatan Tebing Tinggi ada 16 orang Penderita, dan di Desa Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi ada 11 orang, serta  7 (Tujuh) orang berada di Desa Lesung Batu Kecamatan Lintang Kanan. Dan semoga di Kecamatan yang lain tidak ada kerena penyakit katarak ini bukan termasuk penyakit yang menular,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, untuk di Tahun 2018 ini Dinas Kesehatan sudah memiliki Program yang memudahkan pelaporan data dari Puskesmas untuk mengetahui gambaran penyakit yang dialami masyarakat dengan Puskesmas turun langsung Kelapangan.

” Mudah-mudahan kedepan melalui program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) akan tergambar semua,penyakit apa saja yang ada diKabupaten Empat Lawang ini, yaitu dengan cara petugas Puskesmas langsung turun kelapangan melakukan pendataan dan sudah dimulai sejak Februari 2018 yang lalu. Dan data tersebut sudah kita terima setiap bulannya dan diteruskan ke Provinsi,” ujarnya

Selain itu lanjut Syahrial, Kabupaten Empat Lawang pernah mendapatkan bantuan Program Operasi Katarak dari PT. Sidomuncul dan semua yang di usulkan oleh Dinas Kesehatan Semuanya Sukses di Operasi.

” Kita pernah memfasilitasi Bantuan Bakti Sosial pada tahun 2012, dari Sidomuncul, ada 128 orang penderita katarak yang ada di Kabupaten Empat Lawang di operasi secara bertahap dengan mendatangkan Dokter dari Rumah Sakit Mata Kota Palembang dan hasilnya semua penderita katarak sukses di operasi,”

Liputan: Sumantri

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *