Satu orang Suspect Covid-19, Bupati himbau agar warga tidak panik.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad beserta jajarannya, dan Pihak Dinkes serta Dokter RSUD Empat Lawang, memberikan keterangan pers diruang kerja Bupati Empat Lawang, Senin malam (16/3). Foto Mega/Seputarempatlawang.com

Empat Lawang – Terkait penyebaran virus Corona beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, mengumumkan bahwa satu dari tiga orang warga di Kabupaten Empat Lawang, diduga (Suspect) Coronavirus disease (COVID-19). Hal tersebut diungkapkan, Karena tiga orang tersebut memiliki riwayat berpergian study banding ke Malaysia, beberapa hari lalu.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, bahwa satu orang warga Empatlawang suspect covid-19. Hal itu dijelaskan, karena warga yang diduga suspect tersebut memiliki gejala mirip covid-19, dengan suhu tubuh panas lebih dari 38 derajat, serta batuk, pilek dan sakit pada tenggorokan.

Dijelaskannya juga, bahwa satu orang supect covid-19 segera Dibawa ke RS Mohammad Hosein Palembang untuk penanganan lebih lanjut. Lalu, dua orang lagi yang juga ikut pergi ke ke Malaysia, segera diisolasi diruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empat Lawang.

“tiga orang warga kita beberapa hari lalu pergi ke Malaysia, satu orang malam ini kita berangkatkan ke RSMH dan dua orang lagi temannya, besok kita isolasi di RSUD Empat Lawang 14 hari kedepan, walaupun kondisi 2 orang tersebut masih cukup sehat, namun tetap kita lokalisir untuk pencegahan penularan covid-19” jelas joncik saat ditemui diruang kerjanya, Senin (17/3/2020).

Selain itu, pihaknya juga segera mengambil langkah strategis dan akan terus memantau terhadap keluarga atau orang terdekat pasien supect covid-19 tersebut.

“kami sudah menghubungi seluruh camat, dan akan kita lokalisir semua terutama keluarga atau pasien supect covid-19, yang akan terus kita pantau, untuk antisipasi covid-19 di Empat Lawang” tuturnya.

Sementara itu, demi menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan warga. Ia menghimbau agar semua masyarakat Empatlawang tidak panik akan isu yang beredar adanya warga Empatlawang yang supect covid-19 ini. Karena baru supect covid-19.

“”saya himbau agar masyarakat Empat Lawang tidak panik, karena baru supect covid-19”. Imbaunya

Lanjutnya, beberapa langkah antisipasi yang telah diambil pihaknya antara lain, mengeluarkan imbauan kepada seluruh pegawai di Empat Lawang untuk tidak mejalankan dinas luar ke luar daerah, sampai batas waktu belum ditentukan. Meninjau ulang rencana kegiatan Pemkab Empat Lawang, yang dapat membuat berkumpulnya orang banyak, juga diambil sebagai langkah antisipasi.

Selain itu, bupati juga telah mengeluarkan surat edaran agar meliburkan kegiatan belajar mengajar TK/PAUD, SD dan SMP se Kabupaten Empat Lawang. “Untuk yang sedang mengikuti Ujian Akhir, silakan lanjutkan,” ujarnya. (Ken/do/Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *