Walikota Pagaralam Alpian Maskoni Pantau Langsung Aktivitas Gunung Dempo Di PVMBG

PAGARALAM – Menanggapi isu miring yang berkembang di kalangan masyarakat Kota Pagar Alam, tentang status Gunung Api Dempo, Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni memantau langsung aktivitas Gunung Api Dempo di Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Kota Pagar Alam, Senin (10/01/2022).

Dalam hasil pemantauan tersebut, dari IV tingkatan level Gunung Api di Indonesia, yaitu Level I (Normal), Level II (Waspada), Level III (Siaga) dan Level IV (Awas). Status Gunung Api Dempo saat ini berada pada level II (Waspada) atau dikategorikan masih ditingkat aman.

Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni mengimbau kepada masyarakat Kota Pagar Alam untuk tetap tenang dan carilah informasi yang valid dari lembaga atau instansi terkait yang menangani tentang aktivitas Gunung Api Dempo.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Megian Nugraha meminta kepada masyarakat, wisatawan, dan pendaki untuk tidak beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1 km dari kawah atau puncak, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara.

Sedangkan untuk jarak radius dari kawah puncak ke area Kampung IV, Rimau, Kebun Teh dan Pusat Kota Pagar Alam yaitu berkisar 4 km sampai 8 km, dan dikategorikan masih sangat aman untuk berkunjung atau berwisata ke Kota Pagar Alam.

Diakhir paparannya, Megian Nugraha mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas Gunung Dempo dan mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni PVMBG. (Tom)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *