HUT Ke 15 Kabupaten Empat Lawang, Herman Deru Hadiahi 135 Miliyar

EMPAT LAWANG – Perayaan hari jadi ke 15 Kabupaten Empat Lawang berlangsung dengan meriah, meskipun sedang dalam keadaan berpuasa nampak setiap hadirin yang ada di gedung serba guna (Gsg) komplek pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang begitu bersemangat pagi menjelang siang itu, Rabu (20/04/2022).

Pada perayaaan ulang tabun yang ke 15 Kabupaten Empat Lawang ini dihadiri oleh orang nomor satu di Sumatera Selatan H Herman Deru, Bupati Empat Lawang, DPRD Empat Lawang, Wakil Bupati Empat Lawang, Forkopimda, pendiri dan tokoh Kabupaten Empat Lawang, TP PKK Empat Lawang, perangkat pengurus Kabupaten Empat Lawang, Danramil, Polri, Kejari, Pengadilan hingga berbagai instansi lainnya.

Pada sambutannya Bupati Kabupaten Empat Lawang H Joncik Muhammad mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh undangan.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah menyempatkan diri untuk hadir ditengah-tengah kesibukan beliau pada moment bersejarah ini, kemudian saya juga ingin menyampaikan salam hormat saya kepada para Tokoh Empat Lawang dan Para pendiri Empat Lawang yang saat ini hadir ditengah-tengah kita semua,” katanya.

Joncik menyambung di hari jadinya Kabupaten Empat Lawang yang ke 15 tersebut dirinya berterima kasih telah dipercaya sebagai pengemban amanah rakyat dan diberikan kepercayaan sebagai Kepala Daerah hingga saat ini untuk membangun Empat Lawang.

“Alhamdulillah, kerja keras kita bersama telah memberikan hasil yang cukup baik, sebagaimana yang terlihat dalam perjalanan empat tahun pembangunan sebagai wujud implementasi RPJMD Kabupaten Empat Lawang yang difokuskan pada visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Empat Lawang yang MADANI melalui peningkatan perekonomian dan kualitas sumber daya manusia” sambunya.

Pada kesempatan itu Joncik menyampaikan progress terbaru dari pembangunan-pembangunan yang sudah ditancapkan selama empat tahun belakangan ia menjabat bersama Yulius Maulana.

“Prioritas pertama yakni penanggulangan Kemiskinan dan pemulihan ekonomi melalui pemanfaatan sumber daya, dimana Empat Lawang sempat mengalami perlambatan ekonomi yang cukup parah pada tahun 2020, tak lain tak bukan adalah dampak dari pandemic covid-19,” ujarnya.

Joncik menjelaskan dimana pda saat itu pertumbuhan ekonomi tercatat hanya 0,09%, dimana pemda bersama stakeholders berusahan lakukan pemulihan perekonomian lokal bersama Bank Sumsel Babel.

“Bank BSB menjadi salah satu pihak yang membantu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui program KUR untuk Kluster Petani Cabe dan Tomat. Dan kita bersyukur pada tahun 2021 Pertumbuhan ekonomi kembali menguat signifikan sebesar 3,82%,” jelasnya.

Joncik mengatakan pertanian merupakan sumber sumber daya terbesar di Kabupaten Empat Lawang dimana menurutnya di tahun 2021 terjadi peningkatan kinerja produkai pertabian.

“Peningkatan produksi pertanian padi dan jagung dari 134.581 ton pada tahun 2020 menjadi 158.999 ton pada tahun 2021, peningkatan produksi peternakan dari 142.872 ekor pada tahun 2020 menjadi 151.154 ekor pada tahun 2021, dan peningkatan produksi perikanan dari 874,68 ton pada tahun 2020 menjadi sebesar 1.109,45 ton pada tahun 2021,” ujarnya.

Selain pertanian sebagai priorritas pertama Kabupaten Empat Lawang Joncik menyambung peningkatan infrastruktur dasar dan wilayah serta kelestarian lingkungan hidup merupakan prioritas selanjutnya.

“Selama masa bakti bersama adindaku Yulius Maulana sudah 227 kilometer jalan yang dibangun, yaitu 39,5 km di Tahun 2019, 73,85 km di Tahun 2020 serta 113,73 km di Tahun 2021. Selain itu juga sudah ada 17 jembatan yang dibangun, 11 jembatan yang direhab dan 22 jembatan yang dilanjutkan pembangunannya, katanya.

Kemudian ia menyambung untuk prioritas ketiga dan keempat pembangunan di Kabupaten Empat Lawang yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan keamanan wilayah serta aktifitas keagamaan dan kinerja pemerintah.

“Seperti yang kita ketauhi sebelumnya Empat Lawang terkenal sebagai daerah rawan terbaru Lembaga Survei Indonesia atau LSI berdasarkan rilis hasil survey akhir tahun 2021 menunjukkan 88,8 persen masyarakat merasa Kabupaten Empat Lawang jauh lebih aman dibanding sebelum masa kami, selain itu per tanggal 12 Januari 2022 Status RSUD Empat Lawang naik dari kelas D menjadi kelas C,” jelasnya.

Kemudian Joncik juga mengatakan untuk aktivitas keagamaan di Empat Lawang saat ini berangsur mulai tunbuh, dimana per tahun 2022 ada sebanyak 10 pondok pesantren, yang ditahun ini bertambah 2 pondok pesantren.

“Selain itu rumah Tahfidz pada tahun 2020 jumlahnya di Kabupaten Empat Lawang tercatat ada 70 buah yang pada tahun ini bertambah 7 rumah tahfidz, sehingga jumlah rumah tahfidz di Kabupaten Empat Lawang bertambah menjadi 77 Rumah Tahfidz,” ujarnya.

Ia pun tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada H Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan.

“Bantuan dan dukungan yang besar dari Bapak Gubernur Sumatera Selatan dalam pembangunan di Kabupaten Empat Lawang menyebabkan nama gubernur sangat melekat di hati masyarakat Kabupaten Empat Lawang,” tutupnya.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru pada kesempatan itu menekankan pentingnya pemeliharaan jalan-jalan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Dengan memerhatikan berat muatan yang melintas, dimana jika biaya pemeliharaan bisa diperkecil maka pembuatan jalan baru bisa dilakukan hingga ke daerah-daerah pelosok,” ujarnya.

Selain itu Gubernur juga mengapresiasi keamanan di kabupaten Empat Lawang karena menurutnya keamanan merupakan awal dari setiap kegiatan masyarakat.

” Aktivitas kita akan terlaksana jika keamanan terjamin, selin itu mari tetap jaga protokol kesehatan pada saat lebaran nanti saya berharap lebaran tahun ini akan meriah sebab pemrov juga menyediakan Bus mudik gratis untuk warga Empat Lawang yang ingin pulang ke Empat Lawang,” ujarnya.

Terkakhir H Herman Deru menyampaikan untuk dana bantuan gubernur kepada Empat Lawang akan ditingkatkan pada tahun 2022 menjadi 135 Miliar dari sebelumnya pada 2021 sebesar 113,6 Miliar.

“Bantuan Gubernur untuk Kabupaten Empat Lawang tahun ini akan naik menjadi 135 Miliar, harapannya masyarakat harus mendapatkan jawaban atas keinginan mereka,” tutupnya. (Dik)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *